Tugas 2 : Hasil Analisis Inovasi Bentuk Figur Kayon Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta



Video Live Youtube ISI Surakarta Official yang berjudul Live Pascasarjana ISI Surakarta ( Ujian Terbuka Promosi Doktor Pandu Pramadita)  yang tayang pada tanggal 14 Maret 2023 yang membahas tentang Inovasi Bentuk Figur Kayon "Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta" oleh mahasiswa program studi seni program Doktor atas nama Pandu Pramudita,yang beliau jelaskan pada kesenian wayang kulit tidak hanya memiliki nilai adi luhung pada aspek pertunjukan dan sastra tapi juga pada aspek bentuknya.beliau menegaskan bahwa perubahan bentuk figur kayon ini sudah mengalami banyak perubahan seiring berjalannya waktu.inovasi figur kayon tampak pada keragaman bentuk yang dlihat dari aspek bidang dan isinya, menggunakan teori Ikonografi. beliau juga menggunakan  pendekatan sosiologi dengan menggunakan teori Dialektika yang mengatakan bahwa, inovasi bentuk figur kayon terjadi karena adanya proses kreatif yang dilakukan secara Dialektis oleh seniman wayang dari pengalamanya terhadap bentuk - bentuk figur kayon sebelumnya.

Metode Penelitian

metode penelitian yang di pakai yaitu metode fenomenlogi, yaitu berfokus pada penelitian dari segi material figur Kayon gaya Surakata.

Ragam bentuk figur kayon

1.Ukuran, tinggi sekitar 75-99 cm dan lebar 38-59 cm

2.Bidang, ada dua hal yaitu Raut dan struktur bidang.

3.Ragam Isian, dari 25 figur kayon yang dikumpulkan ada 97 ragam isian yang terdiri dari yang pertama tumbuhan ada 20 jenis atau bentuk, hewan 43 jenis, makhluk mitologi 6 jenis, benda alam 11 jenis, buatan 13 jenis, simbol 4 jenis.

4.Ragam Sunggingan, ada 2 hal yang menjadi fokus utama, yang pertama tentang bagaimana teknik dari sunggingan yang digunakan dan kedua adalah ragam sunggingan yang ada didepan dan dibelakang.

Aspek figur

aspek figur yang di gunakan ada 3 yaitu

Bidang Kayon

Struktur Bidang

Struktur Isian

Teori

dari teori Beliau menjelaskan bahwa menggunakan teori Golden Ratio untuk membuat bidang ideal dengan perbandingan 2:1 dan 5:3 dan juga perbandingan 11:6 dan 13:7 untuk diujikan menggunakan gambar teknik. gambar teknik dibagi menjadi 3 tahap, yaitu : dasar grid sistem, sistem bidang dasar dan tata letak. 

Struktur bentuk figur

Bentuk figur kayon memiliki 3 struktur 

1. Pucukan yang berbentuk kerucut

2. Genukan yang menuju langka cembung 

3. Palemahan yang berbentuk bidang datar 

Komposisi isian kayon 

1. Bagian pucuknya terdiri dari pohon hayat 

2. Hewan terbang

3. Hewan bergelantungan

4. Hewan merangkak

5. Makhluk mitologis 

Warna

warna yang harus ada pada figur kayon

1.Hitam

2.Merah

3.Kuning

4.Putih.


Kesimpulan yang dapat di ambil dari menganalisis video di kanal youtube ISI Surakarta " Ujian Terbuka Promosi Doktoral Pandu Pramudita "., bentuk figur kayon wayang kulit purwa gaya Surakarta merupakan suatu pandangan hidup manusia terhadap dunia,yang bertujuan untuk menimbulkan suatu ragam bentuk yang mempunyai nilai estetika.


mungkin cukup sekian analisis yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan kalimat atau kata-kata. Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 literature review pada objek desain

Mengidentifikasi Mitos Metonimi dan Metafora pada Film " AVATAR "

LITERATUR REVIEW 20 JURNAL